( KEL 1 ) RESUME SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF

Kelompok 1

Arif Darmawan: 201510325230
Dwiki Rachma Putra: 201510325198
Firmansyah Wahyu Wibowo : 201510325214
Kevin Ray Benyamin : 201510325212
Ravi Permana : 201510325247
Ryan Jatmiko : 201510325224
Suhairy Ilyas : 201510325251
Yosua Alex Maranata : 201510325222

A.     Pengertian Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Informasi Eksekutif (SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF)adalah salah satu jenis manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun dari luar yang relevan dengan tujuan organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai bentuk dari sistem pendukung keputusan (SPK).
SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF menekankan kepada tampilan gambar dan interface yang mudah digunakan oleh pengguna. SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF menawarkan laporan yang kuat dan kemampuan menelusuri. Secara umum, SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF adalah perusahaan lebar SPK yang membantu para eksekutif menganalisa, membandingkan, dan menyoroti variabel penting sehingga mereka dapat memonitor kinerja dan mengidentifikasi kesempatan dan masalah. SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF dan teknologi 
gudang data berkumpul di pasar.
Akhir-akhir ini, istilah SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF telah kehilangan kepopuleran dalam mendukung 
inteligensi bisnis (dengan sub area laporan, analitik, dan dasbor digital.
B.     Sejarah Sistem Informasi Eksekutif
Dulu, sistem informasi eksekutif adalah program dasar dari komputer bingkai utama. Tujuannya untuk memaket data perusahaan dan menyediakan kinerja penjualan atau statistik riset pasar ntuk pembuat keputusan, seperti direktur pemasaran, pejabat eksektif, yang tidak terlalu mengenal komputer. Tujuannya adalah untuk mengembangkan aplikasi komputer yang disorot informasi untuk memenuhi kebutuhan para eksekutif senior. Biasanya, SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF hanya menyediakan data yang mendukung tingkat keputusan eksekutif, tidak semua data perusahan.
Sekarang, penerapan SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF tidak hanya dalam hierarki korporasi yang khas, tetapi juga di tingkat perusahaan yang lebih rendah. Seperti beberapa klien layanan perusahaan mengadopsi sistem informasi terbaru perusahaan, karyawan dapat menggunakan komputer pribadi mereka untuk mendapatkan akses ke data perusahaan dan mengidentifikasi informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan mereka. Pengaturan ini menyediakan informasi yang relevan dan atas dan tingkat lebih rendah di perusahaan.
C.      Kemampuan Sistem Informasi Eksekutif adalah sebagai berikut:

Kemampuan Sistem Informasi Eksekutif adalah sebagai berikut:

·        Mempunyai kemampuan menganalisa data.
·        Mempunyai alat pengorganisasian. 
·        Memberikan dukungan komunikasi elektronik.


D.    Komponen Sistem Informasi Eksekutif

Komponen SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF biasanya dikategorikan sebagai:
·        Hardware
·        Software
·        User Interface
·        Telekomunikasi

1.      Hardware

Hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras dalam sistem informasi eksekutif membutuhkan 4 komponen dasar yaitu:
·        Perangkat masukkan data. Perangkat ini memungkinkan eksekutif untuk masuk, memverifikasi, dan memperbarui data segera
·        Unit Pemroses Sentral (UPS), untuk mengontrol komponen komputer lain
·        File penyimpanan data. Para eksekutif dapat menggunakan ini untuk menyimpan informasi bisnis yang berguna, dan bagian ini juga membantu eksekutif untuk mencari sejarah informasi bisnis dengan mudah.
·        Perangkat output, yang memberikan rekaman visual atau permanen bagi para eksekutif untuk menyimpan atau membaca. Perangkat ini mengacu pada perangkat keluaran gambar seperti monitor atau printer
     Selain itu, dengan munculnya jaringan area lokal (LAN), beberapa produk sistem informasi eksekutif untuk jaringan workstation menjadi tersedia. Sistem ini memerlukan sedikit dukungan dan perangkat keras komputer yang kurang mahal. Mereka juga meningkatkan akses informasi sistem informasi eksekutif ke lebih banyak perusahaan pengguna.
2.      Software
     Memilih perangkat lunak yang tepat sangat penting untuk sistem informasi eksekutif yang efektif. Oleh karena itu, komponen perangkat lunak dan bagaimana mereka mengintegrasikan data ke dalam satu sistem itu penting. Suatu sistem informasi eksekutif meliputi empat komponen perangkat lunak:
1.     Teks mendasari perangkat lunak, dokumen ini biasanya berbasis teks.
2.     Database, heterogen database pada berbagai platform komputer vendor khusus dan terbuka membantu para eksekutif dalam mengakses data baik internal maupun eksternal.
3.     Berbasis grafis, grafis dapat mengubah volume teks dan statistik menjadi informasi visual untuk eksekutif. Jenis grafis yang khas: grafis seri waktu, diagram sebar, peta, grafis gerak, grafik urutan dan berorientasi perbandingan grafik (yaitu, grafik batang).
4.     Basis model-model sistem informasi eksekutif mengandung statistik rutin dan khusus, keuangan, dan lain analisis kuantitatif.
3.      Pengguna Interface

       Sistem informasi eksekutif harus efisien untuk mengambil data yang relevan bagi para pengambil keputusan, sehingga user interface sangat penting. Beberapa jenis antarmuka dapat tersedia untuk struktur sistem informasi eksekutif, laporan terjadwal pertanyaan/jawaban, menu didorong, perintah bahasa, bahasa alam, dan input/output.

4.      Telekomunikasi
       Desentralisasi menjadi tren saat ini di perusahaan, telekomunikasi akan memainkan peran penting dalam sistem informasi jaringan. Transmisi data dari satu tempat ke yang lain telah menjadi penting untuk membangun jaringan yang handal. Selain itu, telekomunikasi dalam sistem informasi eksekutif dapat mempercepat kebutuhan atas akses ke data terdistribusi.

E.    Keuntungan dan Kerugian penggunaan komponen Sistem Informasi Eksekutif

     1.      Berikut Kelebihan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) tersebut:
·         Mempermudah para eksekutif untuk menggunakan pengalamannya dalam dunia komputer.
·         Menyediakan pengiriman tepat waktu dari keterangan rangkuman perusahaan.
·         Keterangan yang disediakan semakin mudah dimengerti.
·         Biasanya menawarkan efisiensi untuk membuat keputusan.
·         Melakukan penyaringan data untuk manajemen.
·         Meningkatkan pemeriksaan keterangan.
·         Dapat Mengakses dan memadukan jangkauan data internal dan eksternal yang bersifat luas.
       2.      Sedangkan Kekurangan Sistem Informasi Eksekutif (SIE), yaitu:
·         Memiliki fungsi yang terbatas, tidak dapat melakukan perhitungan kompleks. 
·         Pada perusahaan kecil mungkin membutuhkan biaya lebih untuk membuat implementasi.
·         Karena sistemnya besar, sehingga sulit untuk mengaturnya.
·         Pembuatannya harus dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi eksekutif senior. 
·         Eksekutif mungkin menghadapi beban terlalu berat untuk membuat keterangannya. 

F.    Faktor-faktor Penentu Keberhasilan EIS ( Executive Information System )

                 Para eksekutif membangun EIS atas dasar konsep-konsep manajemen. Ada 3 konsep dalam SIE yaitu factor-faktor penentu keberhasilan (critical success factors), management by exception dan model mental.
                 
a.      Critical Success Factor (CSF)
Dengan EIS memungkinkan eksekutif memantau seberapa baik perusahaan berjalan dalam hal tujuan dan factor-faktor penentu keberhasilan. Faktor-faktor ini dalam setiap perusahaaanberbeda-beda tergantung dari kegiatan yang dilakukan

Contoh :

1.      Industri kendaraan bermotor, CSF yang diyakini : model, jaringan dealer yang efisien dan pengendalian biaya manufaktur yang kuat.

2.      Industri asuransi jiwa, CSF yang diyakini : pengembangan personil manajemen agen, pengendalian personil administrative dan inovasi dalam menciptakan produk-produk asuransi.

b.      Management By Exception (MBE)
                 Diterapkan dengan cara membandingkan kinerja anggaran dan pelaksanaan aktualnya. Perbandingan antara kinerja yang direncanakan dengan kinerja actual. Sehingga informasi dapat langsung didapat dan digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Pie Chart menyajikan komposisi kinerja actual , table menyajikan perbandingan aktual terhadap anggaran. Software EIS dapat secara otomatis mengidentifikasi ‘exception’ agar diperhatikan eksekutif.

c.       Mental Models
                 Peran utama EIS adalah membuat sari dari data dan informasi yang volumenya besar untuk meningkatkan kegunaannya. Pengambilan sari inidisebut penempatan informasi (information compression). Dimana menghasilkan suatu gambaran atau model mental dari operasi perusahaan.Model tersebut memungkinkan seseorang membuat penilaian danperkiraaan untuk memahami, memutuskan tindakan yang perlu diambil dan untuk mengembalikan pelaksanaannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANCAMAN DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI kel.6

Kel 3 Ancaman dan Keamanan Sistem Informasi

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN "MODEL NARATIF"