SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

RESUME SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen : Adi Wibowo Noor Fikri, S.Kom, MM







Disusun Oleh :

NAMA KELOMPOK :
1. Agustina Hotmaria Pangaribuan                   (201510325250)
2. Anggi Noviana                                              (201510325220)
3. Asri Putri D. Siahaan                                    (201510325197)
4. Fitriyah                                                          (201510325196)
5. Joshua Filman                                                (201510325213)
6. Liya Susilowati                                              (201510325192)
7. Selvi Dwi Cahyani                                         (201510325217)

KELAS      : 4.A3

Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
2017





1. PENGERTIAN SIM
   Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu sistem, informasi, dan manajemen.
   Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha. SISTEM KOMPUTER : software, hardware, brainware, prosedur. Contoh :

   


   Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untukmenambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
   Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari komponen manusia, komponen teknologi informasi, dan prosedur kerja serta data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dimaksudkan untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu. 
   
   Gambaran Sistem Informasi :




   Manajemen terdiri dari proses, tata kelola atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola kegiatan perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapaitujuan yang telah ditetapkan.
   SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

2. Manfaat mempelajari Sistem Informasi Manajemen
   Manfaat dari sistem informasi manajemen supaya informasi yang dihasilkan itu melalui sistem informasi dapat berguna untuk manajemen, analisis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan .
   Beberapa manfaat/ kegunaan dari adanya sistem informasi, yaitu:
1. IS dan IT menunjang efektifitas, produktivitas dan efisiensi dari bisnis proses perusahaan
2. Merupakan komponen utama kesuksesan bisnis dan organisasi
3. Adanya ledakan informasi (information explosion) dimana kita telah beralih dari masyarakat industrial ke masyarakat informasi “ Information at your Finger Tips”
4. Fenomena Knowledge Workers, yakni orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menciptakan, mendistribusikan, dan memanfaatkan informasi


3. Peran Sistem Informasi
   Sistem informasi mempunyai 3 tugas utama dalam sebuah organisasi, yaitu: 1) Mendukung kegiatan-kegiatan usaha/operasional, 
2) Mendukung pengambilan keputusan manajemen dan 
3) Mendukung persaingan keuntungan strategis

4. Organisasi dan Sistem Informasi



Apa itu Organisasi ?
      Organisasi adalah Sekelompok orang yang bekerja sama dalam suatu struktur yang terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh :
* UKM
* Habibie Center
* PT. Telkomsel

5. Proses Terbentuknya Organisasi
    A. Ketidakterbatasan kebutuhan manusia
    B. Keterbatasan kemampuan manusia
       Terbentuk:
    A. Spontan
    B. Seksama dan pertimbangan secara matang

6. Manajemen Vs Organisasi
    * Organisasi statis, sebagai wadah
1.Manajemen dinaminsebagai proses mengelola Sumber Daya Organisasi untuk mencapai  tujuan organisasi
2. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan yang mungkin berbeda diantara para stakeholder 
 3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan.

      Jadi, hubungan antara Manajemen vs organisasi adalah Karena pada proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga kerjasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan, berikut contoh gambar  hubungan timbal balik antara Manajemen dan Organisasi.



   Jadi menurut analisa kami Hubungan manajemen dan organisasi itu sangat perlu sekali dalam berkehidupan social karna keduanya memiliki hubungan yang begitu erat satu sama lain. Dan didalam hubungan ini organisasi tak lepas dari yang namanya manajemen serta tata kerja yang berguna sebagai proses terjadinya suatu organisasi yang jelas dan pasti. karena tanpa adanya manajemen dan tata kerja dalam organisasi yang ada akan berantakan dan tidak jelas tujuannya. Serta dari semua itu pasti ada timbal baliknya  antara manajemen dan organisasi karena keduanya saling memerlukan, dan adanya timbal balik ini kerjasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan yang diingikan.

7. Siapakah Manager ?
   Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen. Manager juga merupakan seseorang yang merencanakan dan membuat keputusan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan SDM, finansial, fisik, dan informasi
   
8. Jenis Manager Berdasarkan Tingkatannya
    1. Top Managers (Strategic Planning)
          Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional.Contohnya:CEO, Presiden dan Direktur.

    2. Middle Managers (Management Control)
          Kelompok manager yang paling banyak dalam organisasi, bertanggung jawab untuk mengubah rencana strategis menjadi sebuah tindakan konkrit untuk mencapai tujuan yang ditetapkan serta mengevaluasi,supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya. Contohnya: Wakil Dekan, Wakil Ketua)

9. Tingkatan Manager
     First-Line Managers (Operational Level)
     Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan. Contoh: Supervisor,Kepala seksi, Asisten Manager.



10. Apa yang dilakukan Manager – Menurut Henry Fayol


 Henry Fayol merumuskan fungsi-fungsi manajemen menjadi 5 poin yang disingkat sebagai POCCC (Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling). 
1. Planning = Perencanaan tujuan perusahaan dan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
2. Organizing = Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses pengorganisasian.
3. Commanding= Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing. Selain itu, commanding dilakukan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai pada tujuan yang telah ditetapkan semula
4. Coordinating = Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan          organisasi.
5. Controlling = Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target/tujuan tertentu.

11. 10 dasar peran manajerial ( Ten Basic Managerial Roles )







12. Managerial Skills
       1. Technical
    Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan/memahami jenis kerja tertentu yang  dilakasanakan dalam suatu organisasi
       2. Interpersonal
        Kemampuan Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan
       3. Conceptual
           Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. bagaimanaa semua bagian dalam organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang pada kepentigan keseluruhan organisasi.
       4. Diagnostic
           Keahlian untuk mendiagnosa dan menganalisa suatu tantangan dalam organisasi lalu memberikan solusi.
       5. Communication
           Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kepada orang lain  dan menerima ide dan informasi dari orang lain.
       6. Decision-Making
          Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut.


13. MANAGERIAL SKILLS
         TIME MANAGEMENT
        Keahlian  manajer untuk memprioritaskan pekerjaan, mengendalikan waktu bekerja secara efisien, mendelegasikan pekerjaan secara tepat untuk situasi tertentu.



14.   Definisi Sistem
  Sistem adalah kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 
Contoh: 
Sistem Komputer 
• Software
• Hardware
• Brainware
• Prosedur



15.  Definisi Sistem Informasi
             Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari komponen manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja, serta memiliki data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan tertentu.



16.   Sifat Sistem Informasi
         Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi dua:
•      sistem informasi manual dan
•      sistem informasi berbasis komputer (CBIS)

      CBIS atau selanjutnya disebut sistem informasi (SI) saja adalah jenis sistem informasi yang menggunakan komputer

17.  Contoh Sistem Informasi
Sistem reservasi pesawat terbang
Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
Sistem biometrik
Sistem POS (point-of-sale)
Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card)
Sistem layanan akademis berbasis web.
E-goverment atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet.

18. Kemampuan Sistem Informasi
Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dengan kecepatan tinggi 
Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah,akurat,dan cepat.
Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang mudah diakses.
  

Informasi Sistem dan Informasi Teknologi ( IS VS IT)
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang 
yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
20. Peran Teknologi Informasi
 Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis, memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen organisasi. Berkat teknologi ini, berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia.
Contoh Hasil Penerapan Teknologi Informasi :
Pengambilan uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri), transaksi melalui Internet yang dikenal dengan e-commerce atau perdagangan elektronik, transfer uang melalui fasilitas e-banking yang dapat dilakukan dari rumah, dll.
Secara garis besar, dapat dikatakan bahwa :
1.  Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2. Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
3. Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini,   teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANCAMAN DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI kel.6

Kel 3 Ancaman dan Keamanan Sistem Informasi

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN "MODEL NARATIF"