SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
RESUME SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah
Sistem Informasi Manajemen
Dosen : Adi Wibowo Noor Fikri, S.Kom, MM
Disusun Oleh :
NAMA KELOMPOK :
1. Agustina Hotmaria Pangaribuan
(201510325250)
2. Anggi Noviana
(201510325220)
3. Asri Putri D. Siahaan
(201510325197)
4. Fitriyah
(201510325196)
5. Joshua Filman
(201510325213)
6. Liya Susilowati
(201510325192)
7. Selvi Dwi Cahyani
(201510325217)
KELAS : 4.A3
Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
2017
1. PENGERTIAN
SIM
Ruang
lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu sistem,
informasi, dan manajemen.
Sistem merupakan
kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu
kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud
elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan
barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan,
personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling
terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha. SISTEM KOMPUTER :
software, hardware, brainware, prosedur. Contoh :
Informasi adalah
hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi
bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang
dibutuhkan oleh orang untukmenambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada.
Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan
kebutuhannya masing-masing.
Sistem
Informasi adalah
sebuah sistem yang terdiri dari komponen manusia, komponen teknologi informasi,
dan prosedur kerja serta data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang berguna
dan dimaksudkan untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu.
Gambaran
Sistem Informasi :
Manajemen terdiri
dari proses, tata kelola atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola kegiatan
perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah
tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan
operasi untuk mencapaitujuan yang telah ditetapkan.
SIM adalah
suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung
pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.
2. Manfaat
mempelajari Sistem Informasi Manajemen
Manfaat
dari sistem informasi manajemen supaya informasi yang dihasilkan itu melalui
sistem informasi dapat berguna untuk manajemen, analisis sistem harus
mengetahui kebutuhan-kebutuhan .
Beberapa
manfaat/ kegunaan dari adanya sistem informasi, yaitu:
1. IS dan IT menunjang
efektifitas, produktivitas dan efisiensi dari bisnis proses perusahaan
2. Merupakan komponen
utama kesuksesan bisnis dan organisasi
3. Adanya ledakan
informasi (information explosion) dimana kita telah beralih dari masyarakat
industrial ke masyarakat informasi “ Information at your Finger Tips”
4. Fenomena Knowledge
Workers, yakni orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk
menciptakan, mendistribusikan, dan memanfaatkan informasi
3. Peran
Sistem Informasi
Sistem informasi mempunyai 3 tugas utama
dalam sebuah organisasi, yaitu: 1) Mendukung kegiatan-kegiatan
usaha/operasional,
2) Mendukung
pengambilan keputusan manajemen dan
3) Mendukung persaingan
keuntungan strategis
4. Organisasi
dan Sistem Informasi
Apa itu Organisasi ?
Organisasi adalah Sekelompok orang yang bekerja sama dalam suatu struktur yang
terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh :
* UKM
* Habibie Center
* PT. Telkomsel
5. Proses
Terbentuknya Organisasi
A.
Ketidakterbatasan kebutuhan manusia
B.
Keterbatasan kemampuan manusia
Terbentuk:
A.
Spontan
B.
Seksama dan pertimbangan secara matang
6. Manajemen
Vs Organisasi
*
Organisasi statis, sebagai wadah
1.Manajemen
dinaminsebagai proses mengelola Sumber Daya Organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi
2. Manajemen
dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan yang mungkin berbeda
diantara para stakeholder
3. Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan.
Jadi,
hubungan antara Manajemen vs organisasi adalah Karena pada proses kegitan
tersebut sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat berkumpulnya, jadi
kerjasama untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih efektif. Sehingga secara
langsung antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang
baik karena keduanya saling memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga
kerjasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan, berikut contoh
gambar hubungan timbal balik antara Manajemen dan Organisasi.
Jadi
menurut analisa kami Hubungan manajemen dan organisasi itu
sangat perlu sekali dalam berkehidupan social karna keduanya memiliki hubungan
yang begitu erat satu sama lain. Dan didalam hubungan ini organisasi tak lepas
dari yang namanya manajemen serta tata kerja yang berguna sebagai proses
terjadinya suatu organisasi yang jelas dan pasti. karena tanpa adanya manajemen
dan tata kerja dalam organisasi yang ada akan berantakan dan tidak jelas
tujuannya. Serta dari semua itu pasti ada timbal baliknya antara
manajemen dan organisasi karena keduanya saling memerlukan, dan adanya timbal
balik ini kerjasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan yang
diingikan.
7. Siapakah
Manager ?
Manager
adalah seseorang yang bertanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen.
Manager juga merupakan seseorang yang merencanakan dan membuat keputusan,
mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan SDM, finansial, fisik, dan
informasi
8. Jenis
Manager Berdasarkan Tingkatannya
1.
Top Managers (Strategic Planning)
Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi,
mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan
operasional.Contohnya:CEO, Presiden dan Direktur.
2.
Middle Managers (Management Control)
Kelompok manager yang paling banyak dalam organisasi, bertanggung
jawab untuk mengubah rencana strategis menjadi sebuah tindakan konkrit untuk
mencapai tujuan yang ditetapkan serta mengevaluasi,supervisi dan
mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya. Contohnya: Wakil Dekan, Wakil
Ketua)
9. Tingkatan
Manager
First-Line
Managers (Operational Level)
Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan. Contoh:
Supervisor,Kepala seksi, Asisten Manager.
10. Apa
yang dilakukan Manager – Menurut Henry Fayol
Henry Fayol merumuskan fungsi-fungsi manajemen
menjadi 5 poin yang disingkat sebagai POCCC (Planning, Organizing, Commanding,
Coordinating, dan Controlling).
1. Planning =
Perencanaan tujuan perusahaan dan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan
tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi
perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
2. Organizing =
Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam,
sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan
perusahaan. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses pengorganisasian.
3. Commanding=
Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan
dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka
masing-masing. Selain itu, commanding dilakukan agar tugas dapat dilaksanakan
dengan baik dan sesuai pada tujuan yang telah ditetapkan semula
4. Coordinating =
Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai
kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan
jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan
pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam
usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan
organisasi.
5. Controlling =
Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk
memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan,
diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan
sesuai target/tujuan tertentu.
11. 10
dasar peran manajerial ( Ten Basic Managerial Roles )
12. Managerial
Skills
1. Technical
Keahlian
yang diperlukan untuk menyelesaikan/memahami jenis kerja tertentu yang
dilakasanakan dalam suatu organisasi
2.
Interpersonal
Kemampuan Untuk mencapai efisiensi
dan efektivitas dalam mencapai tujuan
3. Conceptual
Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai
satu kesatuan. bagaimanaa semua bagian dalam organisasi bisa berjalan bersama
melalui keputusan yang pada kepentigan keseluruhan organisasi.
4. Diagnostic
Keahlian untuk mendiagnosa dan menganalisa suatu tantangan
dalam organisasi lalu memberikan solusi.
5. Communication
Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara
efektif kepada orang lain dan menerima ide dan informasi dari orang lain.
6. Decision-Making
Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah
dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan
masalah tersebut.
13. MANAGERIAL
SKILLS
TIME MANAGEMENT
Keahlian
manajer untuk memprioritaskan pekerjaan, mengendalikan waktu bekerja secara
efisien, mendelegasikan pekerjaan secara tepat untuk
situasi tertentu.
14. Definisi
Sistem
Sistem adalah kumpulan
dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling
mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
Contoh:
Sistem Komputer
• Software
• Hardware
• Brainware
• Prosedur
15. Definisi
Sistem Informasi
Sistem informasi adalah
sebuah sistem yang terdiri dari komponen manusia, komputer, teknologi
informasi, dan prosedur kerja, serta memiliki data yang akan diolah
menjadi suatu informasi yang berguna dan dimaksudkan untuk mencapai suatu
sasaran atau tujuan tertentu.
16. Sifat
Sistem Informasi
Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi dua:
• sistem
informasi manual dan
• sistem
informasi berbasis komputer (CBIS)
CBIS atau
selanjutnya disebut sistem
informasi (SI)
saja adalah jenis sistem informasi yang menggunakan komputer
17. Contoh
Sistem Informasi
Sistem reservasi
pesawat terbang
Sistem untuk
menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
Sistem biometrik
Sistem POS (point-of-sale)
Sistem berbasiskan
kartu cerdas (smart card)
Sistem layanan akademis
berbasis web.
E-goverment atau
sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet.
18. Kemampuan
Sistem Informasi
Melaksanakan komputasi
numerik, bervolume besar, dengan kecepatan tinggi
Menyediakan komunikasi
dalam organisasi atau antar organisasi yang murah,akurat,dan cepat.
Menyimpan informasi
dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang mudah diakses.
Informasi Sistem
dan Informasi Teknologi ( IS VS IT)
Sistem Informasi (SI)
adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang
yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat
luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi
antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
20. Peran
Teknologi Informasi
Peranan teknologi informasi pada aktivitas
manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi
fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis, memberikan andil besar
terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan
manajemen organisasi. Berkat teknologi ini, berbagai kemudahan dapat dirasakan
oleh manusia.
Contoh Hasil
Penerapan Teknologi Informasi :
Pengambilan uang
melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri), transaksi melalui Internet yang dikenal
dengan e-commerce atau perdagangan elektronik, transfer uang melalui fasilitas
e-banking yang dapat dilakukan dari rumah, dll.
Secara garis besar,
dapat dikatakan bahwa :
1. Teknologi
informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi
informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2. Teknologi
memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu
tugas atau proses.
3. Teknologi
informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini,
teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap
sekumpulan tugas atau proses.
Komentar
Posting Komentar