MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN
“MODEL MATEMATIKA”
Untuk memenuhi salah satu tugas kelompok mata kuliah Sistem Informasi manajemen
Dosen: Adi Wibowo Noor Fikri, S.Kom, MM



Disusun oleh :
Nama Kelompok:
1.       Bagus Ramadhan             (201510325209)
2.       Charismaulana Ibrahim  (201510325208)
3.       Gunawan Arthajadi         (201510325218)
4.       Nur Azizah                          (201510325248)
5.       Sigit Purnomo                    (201510325233)

Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya


Model Matematika

            Model Matematika adalah model yang disajikan dengan rumus matematika atau persamaan. Misalkan dalam perhitungan BEP (Break even point) menggunakan rumus BEP = TFC / P – C. keterangannya (BEP : Break Event Point, TFC : Total Fixed Cost, P : Price, C : Cost). Model ini seringkali digunakan manajemen untuk kegiatan bisnis, atau untuk prediksi, analisis dll. Karena model ini merupakan model dengan ketelitian tinggi, namun seringkali model ini juga tidak disukai karena disajikan dengan rumit. Sesuai dengan tingkat keperluannya saja maka model ini digunakan.
            Sebagian bessar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus atau persamaan matematika aadalah suatu model matematika. Model matematika yang digunakan para manajeer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika.
·         Model matematika merupakan jenis model yang berperan sangat penting dalam SIM. Model matematika dapat dikelompokkan dalam tiga dimensi, pengaruh waktu, tingkat keyakinan dan kemampuan mencapai optimisasi. Beberapa model yang digunakan adalah:
1.      Model statis atau dinamis
2.      Model Probabilistik dan Deterministik
3.      Model Optimisasi dan Suboptimisasi
·         Keunggulan model matematika antara lain:
1.      Ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.
2.      Menyediakan kemampuan prediksi.
Matematika dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak dibanding model grafik yang hanya dua dimensi atau model fisik yang tiga dimensi. Bagi ahli matematika dan manajer yang menyadari kerumitan sistem bisnis, kemampuan multidimensional model matematik adalah model yang berharga.
3.      Sebagian besar dalam pembuatan model bisnis saat ini tertuju pada model matematika.
4.      Semua rumus / persamaan matematika adalah suatu model matematika
5.      Model matematika yang digunakan pada manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang bisa digunakan dalam matematika.
6.      Matematika dapat menangani hubungan2 yang berdimensi lebih banyak (Multi Dimensional) dibanding model grafik yang hanya dua dimensi atau model fisik yang tiga dimensi.


·         Kegunaan Model
Keempat jenis model dasar memiliki kegunaa sebagai berikut:
1.      Mempermudah pengertian (pemahaman)
Suatu model pasti lebih sederhana daripada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dengan sederhana.
2.      Mempermudah komunikasi
Setelah pemecah (problem sorver) mengeerti entetisnya, pengertian tersebut sering perlu komunikasi kepada yang lain. Mungkin analisis sistem harus berkomunikasi dengan mamnajer atau programmer. Atau mungkin manajer harus berkomunikasi dengan anggota lain dari tim pemecah masalah.
Keempat jenis model dapat mengkomunikasikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang-orang yang mengetahui makna dari berbagai bentuk, kata-kata, grafik dan persamaan matematika tersebut.
3.      Memperkirakan masa depan
Ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat dimiliki oleh jenis model lainnya. Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Karena banyak data yang dimasukan kedalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi, manajer harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.


Komentar

  1. Resume dari kelompok ini sudah baik dan bagus namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai resume yang dipaparkan tidak didukung dengan gambar maupun contoh-contoh serta dalam pengetikan ada yang rapih ada yang tidak . Overall semuanya bagus .
    Semoga bermanfaat .
    -kelompok 2-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANCAMAN DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI kel.6

Kel 3 Ancaman dan Keamanan Sistem Informasi

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN "MODEL NARATIF"